Blog Archive

Saturday, June 11, 2011

Konsep Yin dan Yang



Dunia-Hijau.Sejarah Tiongkok kuno penuh dengan legenda, mukjizat, dan misteri yang telah mengilhami peradaban manusia hingga periode waktu sekarang.

Ada banyak faktor pendorong dalam hal ini, beberapa diantaranya bahkan lebih signifikan daripada lainnya. Sebuah simbol luar biasa yang telah menjadi simbol pokok di seluruh dunia adalah simbol Tao, Yin dan Yang. Simbol ini sudah luas dikenal di luar Tiongkok karena memiliki filosofis, historis dan makna batin spiritual yang mendalam.

Cara sederhana untuk menggambarkan simbol ini adalah bahwa ia mewakili “bagaimana segala sesuatu bekerja”. Di permukaan mungkin terdengar sederhana teta-pi apabila direnungkan lebih lanjut dan jika benar-benar dapat memahami sesuatu di balik simbol ini seseorang dapat memahami kedalaman maknanya yang signifikan. Serupa dengan cara kultivasi tingkat tinggi yang dipraktikkan di Tiongkok simbol Yin-Yang kelihatannya sederhana di permukaan namun kata-kata memiliki makna yang sangat mendalam.

Konsep Yin dan Yang dan Lima unsur menyediakan kerangka intelektual tentang luasnya pemikiran ilmiah Tiongkok terutama di bidang-bidang seperti biologi dan kedokteran. Organ tubuh dianggap tidak saling terkait dalam berbagai cara yang sama seperti fenomena alam lainnya, dan paling baik dipahami dengan mencari korelasi dan korespondensi. Penyakit dipandang sebagai adanya gangguan dalam keseimbangan Yin dan Yang atau Lima Unsur yang disebabkan emosi, panas atau dingin, atau pengaruh lainnya. 

Dengan demikian terapi bergantung pada diagnosis akurat terhadap sumber ketidakseimbangan seperti mengubah cara hidup. Filosofi Yin dan Yang membimbing rakyat Tiongkok kuno dalam memperbaiki moralitas mereka.

Kaisar Kuning mengatakan ”Prinsip Yin dan Yang adalah dasar dari seluruh alam semesta. Ia mendasari segala sesuatu dalam penciptaan. Ia memberi panduan tentang pengembangan orangtua; ia adalah akar dan sumber hidup dan mati; kuil-kuil dewa beranggapan bahwa untuk merawat dan mengobati penyakit, seseorang harus mencari asal-usul mereka.”

Ide Yin-Yang telah menjadi kekuatan pendorong bagi tulisan-tulisan terkenal dari Tiongkok, seperti Kitab Perubahan (Zhouyi), Kedokteran Klasik Kaisar Kuning (Huangdi Neijing), dan Tao Te Ching. Budaya Tiongkok diketahui terinspirasi dari para dewa dan memiliki individu epik yang tak terhitung jumlahnya. Jika kita ingin memilih sebuah lambang untuk melambangkan budaya agung dan sejarah megah, simbol Yin-Yang pasti akan memiliki tempat yang adil dalam sejarah.

Catatan:

Berikut adalah ringkasan singkat tentang karakteristik Yin -Yang. Yin dan Yang pada dasarnya saling berlawanan, tetapi mereka adalah bagian dari alam, mereka bergantung satu sama lain, dan mereka tidak dapat hidup tanpa satu sama lain. Keseimbangan Yin dan Yang adalah penting. Jika Yin lebih kuat, Yang akan menjadi lemah, dan sebaliknya. Yin dan Yang dapat bertukar tempat dalam kondisi tertentu sehingga mereka biasanya tidak hanya Yin dan Yang saja. Dengan kata lain, Yin dapat berisi bagian tertentu dari Yang dan Yang dapat memiliki beberapa komponen Yin. Hal ini diyakini bahwa Yin -Yang eksis dalam segala hal.



No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...