Blog Archive

Saturday, June 18, 2011

Manfaat Mandi Di Pagi Hari





Dunia-Hijau. Mandi pagi merupakan suatu hal yang biasa kita lakukan, apalagi bagi seseorang yang mau beraktivitas, baik itu berangkat ke tempat kerja, ke sekolah dan kemanapun berangkatnya sudah semestinya di pagi hari yang paling pertama kita lakukan yaitu mandi terlebih dahulu. Ternyata setelah saya baca-baca begitu banyak keutamaannya apabila kita mandi dipagi hari dan ternyata ada juga pengaruhnya terhadap kejiwaan kita, seseorang yang senantiasa mandi dipagi hari akan lebih bisa mengontrol emosinya ketimbang seseorang yang memang jarang mandi di pagi hari dia akan terlihat emosional, pemarah, intinya dia tidak bisa mengontrol emosinya. Berikut beberapa keutamaan mandi di pagi hari:

1. Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal.

2. Memperlancarkan peredaran darah
Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar.
Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

3. Meningkatkan sel darah putih
Masih menurut hasil studi di Inggris, mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

4. Dapat menurunkan resiko darah tinggi
Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, mandi air dingin akan menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

5. Dapat meningkatkan kesuburan
Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormone testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita.

Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak. Ternya begitu banyak keutamaan dan khasiat mandi pagi, pastinya kita pengen mendapatkan manfaatnya.

Untuk itu mulai hari ini, bangun pagi terus langsung mandi dengan harapan kita mendapatkan tubuh yang segar, sehat, wajah ceria tidak kusam, mudah memberikan senyuman, dan siap beraktivitas dengan penuh gairah. Sudah pasti akan menghadapi hari demi hari dengan penuh semangat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...