Blog Archive

Wednesday, July 27, 2011

Pulau Guraici




Dunia-Hijau. Pulau guraici adalah sebuah pulau yang terletak di kabupaten Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara. Pulau guraici ini ialah salah satu tempat diving terbaik yang berada di maluku utara. Sedikitnya ada 8 spot diving potensial yang tersebar di perairan gugusan kepulauan Guraici.

Hamparan pasir putih yang membentang sepanjang pantai dan aneka ragam jenis terumbu karang didasar laut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun internasional. Aneka ragam species ikan berenang diantara gugusan terumbu karang nan asri dan alami menghadirkan panorama alam bawah laut Guraici sangat indah mempesona dan berbeda dengan lokasi diving di tempat lain.

Salah satu keunikan yang akan ditemui di dasar laut Guraici yaitu ikan Pari (Manta Fish) yang jinak. selain diving pulau guraici ini adalah spot yang sangat baik bagi wisatawan yang hobby memancing ini di karenakan perairan guraici di lalui garis khatulistiwa yang menyebabkan ikan banyak berkumpul.

Pulau guraici ini pada bulan juli selalu mengadakan event yaitu Festival Guraici. dimeriahkan dengan beragam atraksi budaya, seperti tari cakalele, tari bidadari, atau tari soya- soya. Semua jenis atraksi budaya ini di iringi dengan lantunan musik percusi Maluku Utara. Jadi akan sangat menarik apabila wisatawan berkunjung pada bulan juli.

Pulau guraici ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai, setidaknya di pulau guraici ini telah memiliki tempat tinggal/penginapan untuk wisatawan beristirahat, selain itu di pulau guraici ini juga telah berdiri rumah2 makan yang menyediakan menu menu seafood. tarif penginapan di pulau ini kisaran 500.000/kamar/hari atau menyewa cottage 1.500.000/hari.

Untuk menuju pulau guraici ini dari daerah agan masing2 dapat menaiki pesawat dengan tujuan ternate, lalu di lanjutkan dengan menaiki kapal reguler dengan harga 70.000/orang dengan memakan waktu sekitar 8 jam atau dengan menyewa speedboat dengan biaya 3.000.000 - 5.000.000 dengan memakan waktu sekitar 1 - 2 jam saja. kelebihan bagi agan2 yang menyewa speedboat agan2 bisa berjalan kaki untuk mencapai penginapan, tetapi bagi agan2 yang menaiki kapal reguler agan2 harus naik ojek sekitar 20KM untuk menuju penginapan karena agan2 di turunkan di pelabuhan lelei.







No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...