Dunia-Hijau. Toyota Avanza kembali mendapatkan Indonesia
Best Brand Award (IBBA) dari lembaga riset MARS dan Majalah SWA. Salah satu
produk otomotif keluaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) ini dinilai sebagai merk
terbaik untuk kendaraan kategori multi purpose vehicle (MPV).
Penilaian
terhadap merek tersebut didasarkan pada hasil survey yang diselenggarakan di
tujuh kota utama di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya,
Medan, Makasar, dan Banjarmasin. Survey melibatkan 5.257 responden yang terdiri
dari 2.693 responden kelompok rumah tangga dan 2.665 responden kelompok
personal.
“Toyota
berterima kasih kepada konsumen setia dan masyarakat karena telah memilih
Toyota Avanza sebagai merek produk Indonesia untuk kategori MPV sehingga berhak
mendapatkan Indonesia Best Brand Award. Penghargaan yang diraih ini diharapkan
makin memotivasi kami untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan yang
terbaik guna memenuhi kebutuhan pelanggan,” kata Direktur Keuangan TAM, Samuel
Manaseh, pada acara penyerahan award tersebut, di Hotel Shangri-lla Jakarta,
Selasa, 19 Juli 2011.
Pada
survey yang dilakukan kepada para responden itu, penilaian merek didasarkan
enam variabel utama, yakni brand awareness (popularitas merek), ad awareness
(popularitas iklan), brand value, satisfaction dan loyality index, pangsa
pasar, dan gain index.
Melalui
pendekatan variabel-variabel inil ditemukan standar kekuatan merek yang
universal, baku, dan bisa mencerminkan kinerja merek yang sesungguhnya.
Penghargaan
IBBA 2011 ini melengkapi apresiasi serupa yang sebelumnya telah diterima Toyota
Avanza antara lain, Top Brand Award pada 2011 bersama Toyota Innova dan Toyota
Yaris, The Best Mini MPV dari Otomotif Award 2010, Brand of Choice by Community
2010 dari Majalah SWA, Otomotif Award 2009, Autocar Award 2009, dan Top Gear
Award pada 2008.
No comments:
Post a Comment