Dunia-Hijau. Honda kembali peroleh pengakuan sebagai merek
terbaik di Indonesia dengan meraih penghargaan kategori CityCar/Hatchback dan
Kategori Sedan Kecil dibawah 2.000 cc terbaik diajang Indonesian Best Brand
Award (IBBA) 2011, di Jakarta, pada 19 Juli 2011.
Dalam
ajang IBBA 2011 ini, secara keseluruhan Honda Jazz dan Honda Civic berhasil
mengumpulkan poin tertinggi berdasarkan pilihan konsumen dalam survei yang
mengukur nilai kualitas suatu merek. Survei yang dilakukan oleh majalah SWA
bekerja sama dengan Lembaga Marketing & Specialist Research (MARS) tersebut
dilakukan terhadap 5.257 responden di 7 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung,
Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan Banjarmasin di Indonesia yang telah
berlangsung dari bulan Maret-Mei 2011.
Dalam
keterangan pers-nya, Marketing & After Sales Service Director PT Honda
Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan, dengan perkembangan merek yang
demikian pesat, setiap perusahaan membutuhkan inovasi dan kualitas produk yang
terus terjaga untuk dapat merebut hati konsumen.
“Untuk
menjadi sebuah merek yang berkualitas dibutuhkan proses yang panjang, mulai
dari menghasilkan produk yang berkualitas, penjualan, hingga layanan purnajual.
Semua usaha itu dilakukan untuk dapat melayani konsumen dengan sepenuh hati,”
ujarnya.
Terdapat
sebanyak 6 variabel yang diukur untuk menentukan nilai suatu merek, yaitu Brand
Awareness (popularitas merek), ad awareness (popularitas iklan), brand value,
satisfaction dan loyal index, pangsa
pasar dan gain index.
Dengan
pendekatan yang multivariabel tersebut akan ditemukan standar kekuatan merek
yang universal, baku dan bisa mencerminkan kinerja merek yang sesungguhnya
serta dapat dipertanggungjawabkan secara akademis.
No comments:
Post a Comment